Giat Sholawat on The Road, Sat Samapta Polres Pacitan Mengajak Hidupkan Kembali Pos Kamling

PACITAN | Detikkasus.com -Demi meningkatkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat (Kamtibmas), Sat Samapta Polres Pacitan Polda Jawa Timur memiliki cara unik yang berbeda dari biasanya, yakni dengan bersholawat di Pos Kampling RT02/RW03, Dusun Krajan, Desa Semanten, Kecamatan Pacitan. Hal ini merupakan upaya untuk menghidupkan kembali ronda kamling setiap malam.

Kasat Sabhara Polres Pacitan, AKP Sukinto Herman mengatakan, kegiatan tersebut dinamakan Sholawat On The Road. Di Samapta sendiri terdapat sebuah satuan tugas, yakni Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli atau Turjawali salah satunya adalah patroli dialogis di pos kamling.

“Sambil ronda, juga bersholawat. Semoga situasi lingkungan warga dan Pacitan umumnya semakin kondusif,” ujarnya, Jumat (2/12/2022) malam.

Menurut Herman, cara tersebut dinilai menjadi sarana komunikasi efektif untuk mencegah terhadap terjadinya kejahatan. Warga bisa berkeliling ronda sambil bersholawat agar situasinya adem, ayem dan tentrem.

“Sholawat ini sangat bisa diterima di Pacitan, karena mayoritas beragama Islam. Dan ini perdana, rencana ke depan kami keliling dari satu desa ke desa lain, melihat situasi dan kondisi,” terangnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan, giat patroli dialogis akan massif dilaksanakan, utamanya di titik rawan kriminalitas dan bencana, juga di jalur protokol dan perbatasan untuk menghidupkan kembali ronda.

“Jadi, kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan. Maka untuk itu, mari kita tingkatkan ronda di lingkungan masing-masing untuk menekan kejahatan dan kriminalitas,” jelas AKP Sukinto Herman.

Sementara, Kades Semanten Muhammad Sarifudin Hidayat mengungkapkan, dengan adanya giat patroli dialogis ‘Sholawat on The Road’ Sat Samapta Polres Pacitan tersebut, pihaknya sangat mendukung penuh dengan harapan wilayahnya menjadi sadar hukum sehingga tercipta Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas.

“Terima kasih Sat Samapta Polres Pacitan dan jajaran,” katanya.

  • Reporter : Hargo HS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *