Gali Inovasi Penerapan Smart City, Wali Kota Ikuti ITE Hybrid Event 2021

SURABAYA I detikkasus.com – Pemerintah pusat terus berupaya agar konsep Smart City tidak hanya menjadi jargon atau perlombaan menciptakan aplikasi di daerah yang dampaknya tidak dirasakan oleh masyarakat. Sebaliknya, Smart City harus menjadi jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Serta, semakin mempermudah kehidupan masyarakat.

Untuk itu, Kementerian Dalam Negeri bersama PT Napindo Media Ashatama dan PT Mavic Media Indonesia menggelar Integrated Technology Event (ITE) Hybrid Event 2021 dengan tema “Pembangunan Infrastruktur Cerdas Terpadu untuk Kota Cerdas” di Grand City Convex, Surabaya yang dibuka pada Rabu (1/12).

“Jangan sampai menciptakan berbagai inovasi dan aplikasi dengan investasi yang besar hanya untuk mengejar titel kota cerdas, tetapi tidak bermanfaat bagi masyarakat. Kepala daerah harus melihat kebutuhan masyarakat di lapangan. Jika pelayanan dasar sudah disentuh, mulailah beralih ke sektor yang meningkatkan mobilitas dan kelayakan hidup masyarakat,” ujar Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya.

ITE Hybrid Event 2021 diikuti oleh kepala daerah dari berbagai wilayah di Indonesia. Khususnya, yang telah menerapkan konsep Smart City di daerahnya. Termasuk, Wali Kota Madiun Maidi. Orang nomor satu di Kota Pendekar itupun berharap kegiatan ini dapat memberikan ide-ide menarik tentang penerapan Smart City yang bisa diaplikasikan di Kota Madiun.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuturkan bahwa ITE Hybrid Event 2021 merupakan momen penting untuk meningkatkan keterpaduan dan sinergitas antardaerah di Indonesia.

‘’Ini kesempatan baik bagi kita semua untuk meningkatkan improvement dan inovasi. Serta, meningkatkan kinerja bupati/wali kota agar pembangunan yang kita lakukan semakin berkualitas,’’ tuturnya.

Karenanya, gubernur perempuan pertama di Jatim itu berharap seluruh kepala daerah dapat mengikuti seluruh rangkaian ITE Hybrid Event 2021. Serta, dapat menyerap materi secara optimal agar pembangunan di daerah bisa semakin maju. Serta, meningkatkan sinergitas antardaerah dalam penerapan Smart City yang berkelanjutan. (Diskominfo/fad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *