Dinas PUPR Bidang SDA Kabupaten Magetan Adakan Sosialisasi Pembangunan Bendung Desa Pragak Tahun 2020

oleh -94 views

MAGETAN, detikkasus.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan sa’at ini menggelar sosialisasi tentang rencana pembangunan Bendung yang berlokasi di Dusun Jompog, Desa Pragak Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, Kamis (19/3/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerja’an Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan bersama jajaran, Kepala Desa Pragak dan jajaran perangkat Desa setempat, Kelompok Tani dan Gapoktan Desa Pragak. Rencana Pembangunan Bendung yang ada di Dusun Jompog Desa Pragak ini telah di setujuhi oleh Pemerintah Desa Pragak, Lembaga Desa, tokoh masyarakat dan masyarakat yang terdampak, yaitu, Sarengat, Karnoto, Yetno, Sadi dan Sitam.

Sementara itu Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerja’an Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, Yuli K Iswahyudi, ST, MT mengatakan bahwa pembangunan bendung di Dusun Jompog Desa Pragak ini, akan di kerjakan di tahun 2020, dan di targetkan 4 bulan kedepan bisa selesai. “ Pembangunan bendung di Dusun Jompog Desa Pragak ini anggrannya bersumber dari APBD Tahun 2020 Kabupaten Magetan sebersar Rp. 550.000.000,- juta dan pengerjaannya akan rampung 4 bulan kedepan,”Terangnya.

Yuli K Iswahyudi juga berharap dengan dibangunya Bendung di Desa Pragak ini, di harapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, menjadikan lahan yang tadinya hanya mengharap air hujan bisa dialiri air irigasi sehingga menjadi lahan produktif dan bisa panen tiga kali dalam setahun, disamping itu juga dapat menjadi Objek Wisata baru bagi Desa Pragak di Kecamatan Parang Magetan.

Sementara itu Kepala Desa Pragak dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Magetan yang mana di Dusun Jompog Desa Pragak akan segera di bangun bendung. “Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Magetan yang sudah memberikan pembangunan bendung di tahun 2020 ini, semoga dengan adanya bendung ini nantinya bisa mengairi area persawahan kami dan semoga bermanfaat untuk masyarakat Desa Pragak, sebab masyarakat Desa Pragak mayoritas masyarakatnya adalah petani,”Imbuhnya.

Dalam sosialisasi ini pertama dijelaskan tentang mekanisme dan tahapan pelaksanaan pembangunan bendung dan kesiapan masyarakat yang terdampak. Adapun dari hasil sosialisasi tersebut semuanya sudah sepakat untuk segera di bangun. Adapun kegiatan sosialisasi pembangunan bendung di Desa Pragak Kecamatan Parang berjalan lancer dan sukses (ADV/Nur/Anang Sastro).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *