Di Tuban, Satu Sembuh pasien Covid-19 Asal Montong dan Bertambah Satu Pasien Asal Cluster Tambakboyo

oleh -

Media Center Tuban – Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Tuban semakin dinamis, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengumumkan penambahan satu kasus konfirmasi positif Covid-19 pada hari Selasa (19/5/2020), selain itu juga diumumkan satu pasien positif sembuh, penambahan enam PDP dan satu PDP Meninggal Dunia.

Kepada Tim Media Center Tuban, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST., M.Kes., menjelaskan bahwa penambahan pasien terkonfirmasi positif hari ini bertambah satu orang dari hasil Tes Swab yang dikeluarkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya.

“Ada penambahan satu kasus terkonfirmasi positif pada Cluster Tambakboyo, yaitu perempuan usia 38 Tahun asal Tambakboyo, sehingga total saat ini ada 8 pasien confirm positif dari Cluster ini.”jelasnya.

Endah Nurul menambahkan bahwa dalam cluster Tambakboyo dari sepuluh sampel swab yang dikirimkan ke BBTKLPP, sudah keluar hasilnya untuk sembilan orang yaitu delapan orang positif dan satu orang negatif, serta masih menunggu hasil tes untuk satu orang lagi.

Sementara itu, menurut perempuan yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini, kabar menggembirakan datang dari satu pasien confirm positif asal Kecamatan Montong yang dinyatakan sembuh. Sebelumnya perempuan 28 tahun ini dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 8 Mei 2020.

 

Dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masuk dalam data hari ini, Endah Nurul merinci ada satu pasien sembuh yaitu perempuan asal Kecamatan Palang, tetapi ada juga penambahan enam pasien baru dimana satu pasien diantaranya meninggal dunia.

 

“PDP baru tersebut adalah Perempuan 64 tahun asal Kecamatan Grabagan; Laki-laki 39 tahun asal Kecamatan Rengel; Perempuan 68 Tahun asal Kecamatan Palang; Perempuan 22 tahun dan 27 tahun asal Kecamatan Plumpang dan satu PDP meninggal dunia adalah laki-laki usia 76 tahun asal Kecamatan Tambakboyo. Untuk hasil rapid test ke enam orang ini adalah reaktif.” Imbuhnya.

 

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 19/5/2020 hingga pukul 18.00 WIB Jumlah kumulatif ODP sebanyak 615 orang dengan keterangan sebanyak 490 orang selesai pemantauan dan 125 orang masih dalam pemantauan.

 

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 52 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 17 orang sembuh; 10 orang meninggal dunia; dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 25 orang.

 

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 19 orang, terdiri dari 3 orang sembuh; 2 orang meninggal dunia; dan 14 orang dalam perawatan.(imm/mct)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *