Demi Tingkatkan Hasil Pertanian Diwilaya Teritorial Koramil 0816/03 Buduran Dampibi Petani.

oleh -

Detikkasus.com | Sidoarjo, Meningkatkan hasil pertanian di wilayah binaannya, Koramil 03/Buduran melalui Babinsanya Serma Karli terus dampingi kelompok tani (poktan) dalam melaksanakan penanaman padi. Hal itu dilakukan agar para petani lebih giat dan termotivasi dalam meningkatkan hasil pertanian yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri.

Sebagaimana yang dilakukan Serma Karli Bersama PPL Pertanian,Ketua Poktan “ Sumber Rejeki” Bapak Abdul Bisri Desa Prasung Kecamatan Buduran, mereka turun ke sawah untuk menanam padi di sawah milik Bapak Yasin warga Rt. 04 Rw. 02 desa Prasung Sidoarjo, hari Jum a at( 12/4 / 2019).

Selain memotivator bagi para petani kegiatan pendampingan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung program Swasembada pangan Pemerintah khususnya program UPSUS PAJALE (Padi, Jagung, Kedelai).

Hal itu juga telah berulangkali disampaikan oleh Danramil 03/ Buduran Kapten Arh. Puji Wihardi bahwa para Babinsa Koramil Buduran akan selalu berupaya terjun langsung dan bersinergi dengan PPL Pertanian dalam hal pendamping program UPSUS PAJALE karena terbukti melalui pendampingan Babinsa, hasil pertanian petani dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Dijelaskan Serma Karli saat ini para petani yang ada di wilayah binaannya mendapatkan bantuan benih padi dari Pemerintah. Dengan bantuan benih ini, diharapkan para petani semakin bersemangat dalam bercocok tanam.

“Kegiatan pendampingan ini semata mata untuk mendorong dan memotivasi para petani agar lebih giat dalam meningkatkan hasil panen demi terwujudnya swasembada pangan,” jelas Serma Karli

Hal tersebut juga dijelaskan oleh ketua PPL Kecamatan Buduran Bp. Saikhudin kepada para petani Desa Prasung Menurutnya, bahwa setiap tahunnya pemerintah melalui kementan selalu mendukung kebutuhan petani baik benih maupun kebutuhan pupuk.

Para petani berharap pendampingan SSP oleh babinsa dapat dilakukan secara kontinyu dan berkeainambungan,sehingga dihaeapkan TNI akan selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.
Dengan memberikan dorongan semangat dan dukungan tenaga, diharapkan para petani dalam mengolah pertaniannya bisa mencapai hasil yang maksimal, apabila pekerjaan petani bisa maksimal akan berdampak pada hasil panen nantinya.

Hasil panen yang meningkat dan mempunyai mutu padi yang tinggi senantiasa akan meningkatkan kesejahteraan para petani, sehingga kebutuhan pangan di wilayah Sidoarjo dapat terpenuhi.

“Hal semacam ini merupakan sebagai upaya demi tercapainya program pemerintah khususnya swasembada pangan” (Lyn/Zeey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *