Dandim 0821 Lumajang Dampingi Dirjen Alsintan Kementan RI Tinjau Lokasi Percepatan Tanam.

 

Kabupaten Lumajang, Detikkasus.com – Dalam rangka meningkatkan dan mensukseskan program pertanian nasional Dirjen Alsintan PSP Kementan RI terus meingkatkan kunjungan kerja di berbagai wilayah. Seperti yang dilaksanakan di Lahan Ledeng Makmur Dusun Laban Desa Labruk Lor Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang tadi pagi, Jumat (30/06/2017).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung berbagai kegiatan petani seperti mengolah lahan pertanian, penanaman, dan pemupukan. Ir. Suprapti Direktur Alsintan PSP Kementan RI mengatakan bahwa kegiatan kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk memotivasi petani dalam rangka meningkatkan areal tanam dengan mengoptimalkan penggunaan alsintan yang ada sehingga panen yang dihasilkan dapat berlipat.

“Dengan mengoptimalkan penggunaan alsintan yang sudah diberikan diharapkan dapat membantu dan mempermudah petani dalam mengolah lahan pertaniannya serta diharapkan dapat menekan biaya sehingga petani tidak bingung dan tidak terbebani dengan biaya awal tanam,” jelas Ir. Suprapti.

Di lain pihak Kepala Dinas Pertanian Lumajang Ir. Paiman mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini selain untuk bersilaturahmi, Direktur Alsintan dimaksudkan juga untuk berkomunikasi langsung dengan kelompok tani dan Babinsa yang secara langsung berhubungan dengan lahan pertanian.

“Diharapkan kerjasama dan dukungan dari kelompok tani dan babinsa untuk lebih meningkatkan hasil pertanian sehingga program ketahanan pangan nasional dapat segera terealisasi dengan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan,” tandas Ir. Paiman.

Dalam kesempatan yang sama Letkol CZI AGUS ISKARMAN, SE Komandan Kodim 0821 Lumajang menyampaikan bahwa merupakan tugas TNI membantu dan mendampingi petani untuk mensukseskan program ketahanan pangan demi mewujudkan swasembada pangan serta terpenuhinya cadangan beras nasional.

“TNI siap dukung dan membantu mensukseskan upaya pemerintah dalam upaya terpenuhinya kebutuhan beras nasional, sehingga negara Indonesia sudah terpenuhi kebutuhan beras tanpa harus mengimpor dari negara lain, dengan demikian petani dapat lebih sejahtera,” jelas Dandim.

“Untuk itu Kodim Lumajang akan selalu siap mendampingi petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya demi tercapainya target dan tujuan yang telah dicanangkan pemerintah dalam memantapkan ketahanan pangan nasional serta meningkatkan kesejahteraan petani khususnya di wilayah Kabupaten Lumajang,” tandas Dandim. (Rn/Ca).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *