Bupati Lepas Ribuan Peserta Pawai Ta’aruf Dan Pembukaan MTQ Ke-19 Tingkat Kabupaten

oleh -

PASIR PENGARAIAN|detikkasus.com Bupati Rokan Hulu resmi melepas ribuan peserta pawai ta’aruf di Jalan Tuanku Tambusai Desa Pematang Berangan Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah, dalam rangka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke- XIX tingkat Kabupaten.

Sebelum melepaskan para peserta pawai ta’aruf MTQ dari perwakilan Kafilah di 16 Kecamatan se- Rokan Hulu, Bupati H Sukiman mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara dan semua pihak yang terlibat atas persiapan kegiatan MTQ di daerah Kabupaten Rokan Hulu yang berjuluk Negeri Seribu Suluk.

“Saya ucapkan terima kasih pada semua pihak yang terlibat dan pihak terkait atas dukungan menyukseskan MTQ ke- XIX (sembilan belas) tahun 2019 ini. Kiranya ibadah, keimanan dan ketertiban kita jaga bersama, sehingga awal hingga akhir kegiatan berjalan lancar dan mendapat keselamatan”, kata Sukiman, Senin (8/4/2019) siang, yang dihadiri dihadiri segenap Forkopimda, pengurus LAM Riau Rokan Hulu, kepala OPD, Dewan Hakim MTQ, Camat, Kades, pemuka adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pelajar, serta ribuan elemen masyarakat.

Setelah memberikan sambutan, Bupati kemudian resmi melepas para peserta pawai ta’aruf MTQ yang tumpah ruah menunggu dalam kondisi suhu cuaca panas di bawah sinar matahari.

Sekitar pukul 15.00 WIB di awal jajaran barisan pawai, tampak di pandu oleh aksi marching band gita karya praja Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Rokan Hulu, yang menampilkan atraksi-atraksi pengangkatan bendera dan pertunjukan menarik. Kemudian diikuti kafilah asal Kecamatan Rambah Hilir yang berada di barisan depan mendahului kafilah dari 15 Kecamatan lainnya.

Beragam lambang kebesaran Islam dan bermacam minatur Masjid terlihat mewarnai kegiatan pawai dari setiap kafilah perwakilan dari 16 Kecamatan se- Rokan Hulu tersebut, termasuk iring-iringan berbagai pernak-pernik yang dibawa oleh rombongan kafilah melangkah dan melaju sampai Masjid Agung Islamic Centre.

Hingga berakhirnya pawai sekira pukul 17.00 WIB, aparat Kepolisian juga melakukan penjagaan ketat dan penertiban dengan mengalihkan alur lalu lintas 1 jalur kendaraan bermotor dan 1 jalur untuk ribuan peserta pawai ta’aruf.

Usai melepas pawai ta’aruf, Bupati Rokan Hulu sekira pukul 21.00 WIB, kembali mengunjungi Astaka Purna MTQ lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Pematang Berangan, Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, untuk malam pembukaan MTQ.

Bupati Rokan Hulu H Sukiman dalam perhelatan pembukaan MTQ itu, menghimbau anak-anak para peserta MTQ serta masyarakat umat Islam ikut memaknai arti dari kandungan isi Al Qur’an.

Khususnya para generasi muda di Negeri Seribu Suluk, dihimbau dapat meniru isi-isi ayat suci Al Qur’an dan menjadikannya kepribadian dalam kehidupan sehari-hari.

“Masyarakat‎ terutama generasi muda untuk ikut membumikan Al Qur’an di Negeri Seribu Suluk ini. Harapan kita pertama melalui MTQ ini dapat menghasilkan anak-anak kita yang terbaik”, kata Sukiman, yang turut dihadiri segenap Forkopimda, pengurus LAM Riau Rokan Hulu, kepala OPD, Dewan Hakim MTQ, Camat, Kades, pemuka adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pelajar, serta ribuan elemen masyarakat di Rokan Hulu.

S

ementara, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Riau Drs H Masrul Kasmi yang menghadiri kegiatan MTQ itu,‎ menilai acara MTQ di tingkat Kabupaten Rokan Hulu sudah seperti di tingkat Nasional.

Di tahun 2020, melalui usulan Kementrian Agama (Kemenag) RI sebelumnya, Kabupaten Rokan Hulu adalah salah satu calon tuan rumah MTQ tingkat Nasional.

Namun karena berbagai hal teknis berkaitan pergantian kepala daerah Gubernur Provinsi Riau lalu, menjadikan proses Rokan Hulu sebagai penunjukan tuan rumah belum berlanjut. Sehingga Kemenag RI akhirnya memutuskan tuan rumah untuk MTQ Nasional dipusatkan di Padang, Sumatera Barat.

Perhelatan MTQ yang rutin digelar setiap tahunnya itu dinilai telah menjadi media dakwah. Umat Islam diharapkan wajib mempelajari, memahami dan membumikan isi dari kandungan kitab suci Al Qur’an, agar di tengah era globalisasi yang semakin canggih dan mengkhawatirkan saat ini generasi tidak terjerumus derasnya arus globalisasi.

Sedangkan, Ketua umun Panitia pelaksana MTQ Ir Muhammad Ruslan‎, mengartikan maksud dan tujuan digelarnya MTQ untuk menimbulkan rasa cinta masyarakat terhadap Al Qur’an, mengamalkan di kehidupan sehari-har dan mengundang rahmat Allah dengan bacaan ayat suci Al Qur’an sesuai tema “Membangun insan qur’ani menuju syi’ar Islam”.

Selain itu tujuan dari MTQ untuk mencari bibit qori dan qoriah terbaik di Rokan Hulu, sebagai utusan daerah Kabupaten Rokan Hulu‎ dalam mengikuti MTQ ke- XXXVIII (tiga puluh delapan) tingkat Provinsi Riau tahun 2019 yang akan dipusatkan di ibu kota Kabupaten Kampar, Bangkinang.

MTQ yang digelar 7 hari sejak tanggal 8 April- 14 April 2019 mendatang sebutnya, terdapat 5 cabang yang diperlombakan, dan diikuti 526 orang peserta atau qori dan qoriah dari 16 Kecamatan se- Rokan Hulu.

Untuk prestasi-prestasi yang nanti akan diraih oleh para juara, dipastikannya akan menerima hadiah dan trofi dari panitia yang dananya bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah atau APBD Kabupaten Rokan Hulu.

“Bagi juara terbaik 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1, 2 dan juara harapan 3 dan 4 akan diberikan uang pembinaan dan piala, sesuai anggaran yang tertuang dalam APBD melalui dokumen pelaksanaan anggaran atau DPA Setda Kabupaten Rokan Hulu Bagian Kesra”, tandas ketua panitia Ir M Ruslan, yang juga Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rokan Hulu.

Malam pembukaan MTQ yang dimulai sekira pukul 21.00 WIB, diawali defile atau barisan Kafilah dari 16 Kecamatan. Lalu, Tari Tepak Sirih dari puluhan penari binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rokan Hulu, serta doa oleh Pelaksana tugas Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau H M Saman.

Kemudian, penyerahan piala bergilir MTQ Rokan Hulu oleh Bupati ke Camat Rambah Fathanalia Putra, yang selanjutnya kembali diberikan kepada Ir M Ruslan sebagai ketua umum panitia pelaksana MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu.

Mengakhiri pembukaan MTQ, Bupati didampingi Forkopimda dan tamu undangan dari Provinsi menekan tombol sirene sebagai tanda dimulainya MTQ ke- XIX tingkat Kabupaten, serta ditutup dengan atraksi puluhan letusan kembang api berwarna warni. (Rahmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *