Bupati Irdinansyah Tarmizi Sambut KKTD Tanah Datar Se Nusantara | Detik Kasus Sumbar.

 

TANAH DATAR, Detkkasus.com – Pertama di Sumatera Barat Perantau se Indonesia pulang kampung bersama, ini memang sudah lama direncanakan namun baru kali ini bisa terwujud. Hal tersebut disampaikan Bupati Irdinansyah Tarmizi saat menyambut rombongan IKTD/KKTD pulang basamo di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Sabtu (24/06).

Bupati yang turut mendampingi Wakil Bupati Zuldafri Darma, Ketua DPRD Anton Yondra, Sekretaris Daerah Drs. Hardiman Forkopimda dan kepala OPD ini sambut baik kedatangan para perantau ini. Ia ucapkan selamat datang di kampung halaman, semoga selama berada di Tanah Datar berjumpa sanak keluarga merasa senang dan bahagia.

Dalam rangka memeriahkan acara pulang basamo senusantara ini, kita akan menggelar berbagai kegiatan seperti lomba festival takbiran se Kabupaten Tanah Datar, pertunjukan seni tradisional minangkabau, pacu jawi, pacu biduak, silatnas perantau Tanah Datar dan Kongres Imatar se Nusantara, festival baju kurung (tradisional Minangkabau), liga sepak bola nagari se Kabupaten Tanah Datar, Bhayangkara Expo di Istano Basa Pagaruyung dan festival seni minang, jalan sehat dengan berbagai hadiah door price, pesona sumpu (pacu biduak, manjalo ikan, pergelaran seni) bedah rumah di empat belas kecamatan masing-masing satu rumah,  dan malam kesenian dengan menampilkan artis ibu kota Beniqno di Istano Basa Pagaruyung, ucap Irdinansyah.

Dengan itu diharapkan para perantau merasa senang dan dapat menikmati berbagai atraksi seni maupun kuliner khas selama berada dikampung halaman. Kedepan ia berharap kepada perantau untuk dapat memperkuat hubungan silaturrahmi dengan kampung halaman maupun pemerintah daerah, sehingga kemajuan Tanah Datar akan lebih baik lagi, sambungnya.

Sementara itu ketua rombongan, Joni Sastra juga sampaikan ucapan terima kasih pada pemerintah daerah yang telah menyambut rombongan dengan meriah. Ia jelaskan bahwa rombongan ini berangkat dari Jakarta pada Kamis yang lalu dilepas resmi oleh Gubernur DKI terpilih Anis Baswedan di pelataran Masjid Istiqlal Jakarta. Dan selama diperlajanan hingga sampai disini alhamdulillah aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita ingini, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Yuherman selaku ketua umum pulang basamo se Nusantara tahun 2017 ini jelaskan bahwa pulang basamo ini merupakan momen yang bersejarah karena sudah lama keinginan seperti ini direncanakan namun baru kali ini terwujud, ucapnya.

Ia berharap ini dapat dijadikan sebagai tonggak sejarah untuk kemajuan daerah kedepan maupun para perantau dengan adanya kerukunan se Nusantara ini. Tahun ini jumlah perantau yang pulang kampung menurut perkiraannya mencapai 2000 orang. Saat ini rombonga yang disambut langsung bupati berjumlah 5 bus dan 198 mobil pribadi karena sebelumnya juga sudah ada yang pulang terlebih dahulu dari berbagai daerah di wilayah Sumatera, ucapnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, kepala OPD lingkup pemkab Tanah Datar dan tamu undangan lainnya. (Meriyanto/irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *