Bupati Humbahas Berangkatkan 6 Guru Matematika Gasing ke Manokwari Selatan

Humbahas l Detikkasus.com – Sebanyak 6 (enam) orang Guru Asisten Trainer Matematika Gasing dari Kabupaten Humbang Hasundutan diberangkatkan ke Manokwari Selatan, mereka adalah Guru-guru yang bertugas sebagai AT pada kegiatan inisiasi pandai berhitung dengan metode Gasing.

Adapun ke enam guru tersebut adalah Polo Rida Sihombing,S.Pd dari unit Sekolah Dasar Negeri 173396 Doloksanggul, Herman Hasugian, S.Pd dari unit Sekolah Dasar 178216 Lumban Ruhut, Kecamatan Doloksanggul, kemudian Riang Mariati Samosir, S.Pd dari unit Sekolah di PAUD Tunas Isai, Kecamatan Doloksanggul, Marta Adelina Sihite,S.Pd dari unit Sekolah Dasar Negeri 174532 Sihite, Kecamatan Doloksanggul, Masriani Pakpahan,S.Pd dari unit Sekolah Dasar Negeri 173422 Pollung dan Mai Rosalli Matondang, S.Pd dari unit Sekolah Dasar Negeri 173315 Silaban, Kecamatan Lintongnihuta.

Kepada media ini, Kamis (20/10) Kepala Dinas Pendidikan Jonny Gultom, melalui Sekretaris Dinas Martahan Panjaitan, S.Pd.MM mengatakan, sebelum guru dimaksud diberangkatkan pihaknya memberikan pembekalan dan arahan.

“Kami berpesan agar para guru selama mengikuti pelatihan, agar menjaga nama baik Kabupaten Humbangh Hasundutan dan agar mereka melaksanakam tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab, menjaga kekompakan dan saling bersinergi dalam mengemban tugas selama pelatihan” harapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya. Metode pembelajaran Gasing (Gampang Asik dan Menyenangkan) semakin hari makin di minati oleh Kabupaten atau daerah lain di Indonesia. Sebelumnya pembelajaran ini dikenalkan di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) hingga kini tercatat guru-guru asal Humbahas sudah ratusan guru mahir dalam mengajar dengan metode dimaksud dan telah diajarkan kepada ribuan siswa di Humbahas.

Dinilai berhasil. Kini bukan hannya di wilayah Sumatera saja peminatnya, daerah diluar Sumatera pun, banyak yang berkeinginan agar sistim pembelajaran ini dikembangkan termasuk pelatihan guru-gurunya, khususnya peserta didik diajari dalam metode tersebut dalam pembelajarannya.

Baru baru ini, diketahui, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan Jonny Gultom kembali memberangkatkan 6 (enam) orang guru pilihan dari Humbahas berangkat ke Manokwari Selatan.

Diketahui, mereka disana akan melatih Guru dan Siswa dengan metode pembelajaran Gasing (Gampang Asik dan Menyenangkan).

“Itu adalah atas permintaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari Selatan melalui Yayasan Teknologi Indonesia Jaya. Kegiatannya akan dilaksanakan kurun waktu 2 (dua) minggu yang dimulai sejak tgl 20 Oktober 2022 mendatang dan kita sudah berangkatkan ada sebanyak 6 orang yang di tugaskan dari Humbahas” ujarnya (19/10-2022).

Dikatakan Jonny lagi, hal ini adalah ke 4 (empat) kalinya guru-guru dari Humbahas diberangkatkan dalam pembelajaran metode Gasing dimaksud, dimana sebelumnya Kabupaten Morowali, Kabupaten Sulawesi Tengah, Bangli Kabupaten Bali dan Tapanuli Utara Provinsi Sumatera utara sudah diajarkan metode tersebut.

“Nah, ini merupakan kebanggan bagi kita. Dimana para guru-guru kita dianggap berhasil dalam pembelajaran dengan metode Gasing tersebut, makanya daerah lain meminta agar metode itu dikembangkan di daerahnya. Dan ini termasuk salah satu komitmen kita dengan pak Bupati dalam pengembangan pembelajaran di dunia pendidikan khususnya Kabupaten Humbahas” tandasnya. (Evendy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *