Bupati Buka Workshop Percepatan Pelaksanaan Empat Program Prioritas Pembangunan Desa

  • Whatsapp

 

Tanah Datar, Detikkasus.com – Workshop Percepatan Pelaksanaan Empat Program Prioritas Pembangunan Desa Tahun 2017 resmi dibuka oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah tarmizi, Kamis (15/6/2017) di Gedung Indo Jalito Batusangkar.

Mengawali sambutannya Irdinansayah mengatakan bahwa acara workshop dengan peserta 170 orang yang terdiri dari 75 wali nagari orang, ketua BPRN 75 orang, Tenaga Ahli 6 orang dan Pedamping Desa sebanyak 14 orang ini, bisa terlaksana tentu ada tangan-tangan dingin yang memperkasainya, “untuk itu kita ucapkan terima kasih” ujar Bupati.

Workshop yang terlaksana atas kerjasama pemerintah daerah dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan aparatur pemerintah nagari, lembaga kemasyarakat dan masyarakat dalam memanfaatkan dana nagari, sumber daya alam, sumber daya manusia agar lebih berdayaguna dan berhasilguna.

“BUMNAG butuh pembinaan dan pengawasan jangan sampai BUMNAG hanya berupa kegiatan tahunan dan berakhir tanpa ada kejelasan dan berharap BUMNAG nantinya dapat berkelanjutan dan berkesinambungan” tambah Bupati.

4 Program Prioritas Kemendesa PDTT terdiri dari, Badan Usaha Milik Nagari, Embung, satu desa satu produk dan sarana olah raga desa. Selain itu berdasarkan Permendes, PDTT Nomor 22 tahun 2016 tentang prioritas pengunaan dana desa tahun 2017 yang mana dinyatakan bahwa prioritas penggunaan dana desa 2017 adalah untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk percepatan serta menambah wawasan pelaksanaan pengunaan dana Nagari di Kabupaten Tanah Datar” ujar Bupati dalam sambutannya.

Staf Ahli Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi Febby Dt. Bangso Nan Putiah, menginformasikan pada kesempatan itu bahwa seluruh bantuan yang berupa subsidi tidak tersalurkan ke kelompok dan hanya akan disalurkan melalui BUMNANG atau BUMDES, “perlu pedampingan untuk setiap Nagari BUMNANG atau BUMDES dan mudah-mudahan dengan ada acara ini bermanfaat untuk kita semua” ujarnya.

Acara pembukaan workshop percepatan pelaksanaan empat program prioritas Kemendes PDTT tersebut ditutup dengan penanda tanganan nota kesepahaman oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Direktur NDC Universitas Andalas Padang Erigas Eka Putra, Direksi Bank Nagari Batusangkar dan Kadis PMDPPKB Tanah Datar Adrion Nusdal. (Humas/rhn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *