Banjir Kembali Genangi Jalan dan Pemukiman Warga di Beberapa Desa di Kecamatan Embaloh Hilir

KAPUAS HULU I Detikkasus.com -, Curah Hujan yang cukup deras yang terjadi beberapa hari yang lalu dan disertai naiknya permukaan air Sungai Kepuas, menyebkan banjir kembali menggenangi di beberapa desa yang ada di Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Banjir besar yang baru saja surut beberapa minggu yang lalu, namun sejak hari Minggu, (18/2/2024) banjir kembali mengenangi beberapa desa yang ada di Kecamatan Embaloh Hilir, akibatnya jalan dan pemukiman warga kembali tergenang air.

Ketinggian Banjir yang melanda desa- desa yang ada di Kecamatan Embaloh Hilir tersebut relatif berfariasi mulai dari 30 cm sampai melebihi 50 Cm. Genangan banjir yang lumayan tinggi terdapat di Jalan Jaya Laksana Desa Nanga Palin, Jalan Pendidikan Desa Nanga Embaloh dan sebagian Jalan Desa Keliling Semulung Kecamatann Embaloh Hilir. Namun dengan ketinggian banjir yang belum begitu besar, maka sampai saat ini kondisi masih kondusif.

Akibat banjir tersebut selain memutuskan jalur transfortasi darat ruas jalan Embaloh- Mandai, banjir juga menggenangi jalan-jalan utama di beberapa Desa seperti Desa nanga palin, desa nanga Embaloh dan Desa keliling Semulung. akibatnya aktifitas warga sedikit tergangu. Selain itu kondisi banjir yang terjadi secara terus menerus sangat berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat.

“Kondisi banjir yang terus menerus terjadi ini, menyebabkan kesulitan bagi kami untuk berkerja. Selain gagal panen padi, tidak bisa noreh getah, kami pun tidak bisa memenen keratom karena tidak ada pembeli dan tidak ada tempat untuk menjemur. sedangkan kalau mencari ikan pun sangat sulit kalau banjir terus menerus seperti ini. Sehingga sangat-sangat berdampak pada penghasilan dan perekonomian keluarga kami” Ungkap Sukarjo salah satu warga Desa Nanga Palin.

Sampai saat berita ini di turunkan kondiri air masih bertahan dan belum ada tanda-tanda akan surut, guna mengantisifasi kejadian dan kerugian warga akibat banjir tersebut, Camat Embaloh Hilir beserta jajaran Forkopincam Embaloh Hilir melakukan koordinasi, peninjauan lokasi dan sekaligus melakukan sosialisasi dan melakukan peringatan dini kepada warga yang terdampak banji

 

( A@ Hady )

 

Sumber : Diskominfo Kapuas Hulu

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *