Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021 Dipimpin Langsung Bupati Nisel

oleh -

Nias Selatan | Detikkasus.com –

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH, MH pimpin gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 dalam pengamanan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah di halaman Mako Polres Nias Selatan, Jalan M. Hatta No. 01 Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (05/05/2021).

Dihadiri : Bupati Nias Selatan , Dr. Hilarius Duha, S.H.,MH., Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat, S.I.K.,M.H., Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo., Danramil 12/Teluk Dalam, Mayor Inf. Hatianus Zega., Waka Polres Nias Selatan, Kompol Jauhari Lumbantoruan., Mewakili Kejari FIRMAN., Kabid Dishub LLAJ, Fan Zendrato, S.E., Kabag Ren Polres Nias Selatan, AKP Lintas Pasaribu., Kasat Lantas Polres Nias Selatan, AKP Musa Sembiring., Kasat Reskrim Polres Nias Selatan, AKP Iskandar Ginting., Kasat Sabhara Polres Nias Selatan, Iptu Ariyunus Zai, S.Ag.,M.H., Kasat Polairud Polres Nias Selatan, Ipda Taufik Tri Santoso., Ps Kapolsek Gomo, Ipda Johnson Sianipar., KBO Shabara Polres Nias Selatan, Ipda Senior Sianturi, S.H.,M.H., Kanit Idik 1 Sat Res Narkoba Polres Nias Selatan, Ipda David Pangaribuan, S.H., Ps Kapolsek Teluk Dalam, Ipda Surya Hadi, S.E., Pleton TNI AD., Pleton TNI AL., Pleton Polres Nias Selatan., Pleton Dinas Perhubungan., Pleton Satuan Polisi Pamong Praja.

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH, MH menyampaikan amanat Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Operasi Ketupat 2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mulai tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilyahan. Bahwa menginjak tahun 2021 kita telah dihadapkan oleh berbagai permasalahan yang terjadi di Indonesia yakni penanganan Covid-19, pengamanan tahapan pilkada tahun 2020 yang masih menyisakan beberapa agenda maupun aksi kriminalitas, aksi terorisme hingga bencana alam.

” Penanganan terhadap permasalahan tersebut dapat berjalan dengan baik meskipun belum dapat dikatakan sempurna, hal ini berkat kerjasama seluruh masyarakat Indonesia dan sinergitas kementrian lembaga terkait” ucap Bupati Nias Selatan

Pelaksanaan apel gelar pasukan di masa pandemi Covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H.

Aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainya. Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, keterlibatan pasukan kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiap siagaannya.

” Seluruh jajaran telah dipersiapkan, baik dari perkiraan ancaman, cara bertindak dan penggelaran personel, sehingga diharapkan dapat di implementasikan dalam pelaksanaannya dan untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H dengan aman, nyaman dan tertib dan lancar ditengah suasana Pandemi Covid-19.” beber Bupati.

Tahun 2021 pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Ini adalah tahun kedua dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur hari raya Idul Fitri 1442 H.

Kita menyadari bahwa larangan pemerintah ini tidak serta merta dipatuhi masyarakat, sehingga potensi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masih cukup tinggi” ujarnya.

Dalam operasi ketupat 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegak hukum dalam pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Untuk itu, saya berharap capaian tersebut dapat terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Polri untuk lebih mempersiapkan diri serta memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik dalam pelaksanaan operasi ketupat tahun 2021 ini.

Dalam menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan Idul Fitri tahun 2021, ada beberapa hal yang perlu saya tekankan. 1. Siapkan mental dan fisik, 2. Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan Bhabinkamtibmas, 3. Tingkatkan Kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan. 4. Gelar kekuatan Polri pada pos pos pengamanan dan pelayanan, 5. Utamakan keselamatan anggota yang bertugas, 6. Waspadai maraknya aksi tawuran antar warga, 7. Cegah terjadinya aksi balap liar, 8. Gandeng Tokoh Agama dan Stakeholder terkait pelaksanaan kegiatan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, 9. Cegah agar masyarakat tidak bermain petasan dan kembang api, 10. Koordinasikan dengan Satgas Covid-19 dan Stakeholder terkait, 11. Satgas pangan, 12. Laksanakan Penegak hukum secara profesional dan Proporsional, 13. Gelar peralatan dan berdayakan sarana prasanara Polri, 14. Jalin kerjasama yang harmonis dan sinergis dengan seluruh instansi terkait.” Ujar Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Nias Selatan.

Sekitar Jam 09.50 Wib Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba Tahun 2021 Pada Polres Nias Selatan yang di laksanakan di Lapangan Apel Polres Nias Selatan telah selesai dilaksanakan situasi dalam keadaan Aman dan Kondusif. (Supardi Bali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.