Agenda Rutin Ruwat Sengkolo Bumi Projo, Di Harapkan Wilayah Madiun, Umbul dan Nusantara bisa Makmur dan Sejahtera

oleh -

Detikkasus.com | Madiun – Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, masyarakat di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, mengadakan acara rutin di setiap tahunnya yaitu, Ruwat Sengkolo Bumi Projo, yang bertempat di Taman Wisata Umbul Madiun, Rabu (8/9/2019).

Menurut Wakil Direktur Wisata Umbul Madiun, Agus Mahendra mengatakan bahwa kegiatan yang di gelar saat ini adalah kegiatan rutin di setiap tahunnya.”Ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan masyarakat Umbul dan sudah dilakukan puluhan tahun, dulu sempat vakum. Ini merupakan tahun keenam tahun 2019,” kata Agus Mahendra, saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan.

Dia juga menjelaskan, ada sejumlah rangkaian acara dalam Ruwat Sengkolo Bumi Projo Nusantara ini. Di antaranya, Jamasan Tosan Aji dan Pentayuhan Pusaka 2019 di Batu, Ada Keris Terpanjang dengan Berat 10 Kg Lebih
Adapun agenda kali ini Di antaranya kirab tumpeng ada 8 tumpeng ada satu paling besar setinggi 2 meter, kurasan sumber belerang umbul dan juga jamasan pusaka milik kasepuhan yang dahulu bertugas menjaga Umbul.

Agus Mahendra juga berharap, “Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan Wisata Umbul ini nantinya supaya bisa menjadi distinasi atau aiken wisata yang ada di Kabupaten Madiun. selain itu dengan agenda ini di harapkan wilayah Madiun, Umbul dan Nusantara bisa makmur dan sejahtera, ”Tandasnya. (ADV/Anang Sastro).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *