Adi Erlansyah Berkomitmen Lestarikan Seni Budaya di Pringsewu

Pringsewu – detikkasus.com

Bakal Calon Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah, menghadiri acara Sarasehan Komunitas seni dan budaya Paguyuban Pelestari Tosan Aji (Pataji) Kalacakra di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, pada Jumat (7/6/2024). Acara ini diadakan sebagai bagian dari kegiatan Susur Desa Dengan Sedekah Ilmu, yang dilaksanakan setiap hari Jumat untuk masyarakat berdaya dan Pringsewu sejahtera.

Adi Erlansyah, didampingi Ibu Nana Adi Erlansyah dan rombongan, berpartisipasi dalam kegiatan yang menyoroti benda pusaka keris. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya pelestarian budaya sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

“Kita semua memiliki kewajiban untuk melestarikan seni budaya. Dengan acara seperti ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan menghargai warisan budaya kita,” ujar Adi Erlansyah.

Ia juga menyebutkan bahwa seni budaya Kuda Kepang, yang dikenal luas di Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, dan benda pusaka seperti keris, perlu terus diperkenalkan kepada masyarakat melalui acara-acara sarasehan.

Program Susur Desa Sedekah Ilmu ini diharapkan dapat terus berkembang. Sebelumnya, sudah ada kegiatan-kegiatan lain seperti pelatihan sablon untuk pemuda-pemudi dan pelatihan Make Up Artist (MUA) untuk ibu-ibu. Menurut Adi Erlansyah, keterampilan ini sangat bermanfaat dan dapat dikembangkan lebih lanjut.

“Saya berharap Pringsewu bisa menjadi pusat sablon dan komunitas cukur rambut. Mengapa tidak kita kembangkan di sini?” kata Adi Erlansyah.

Ia mengakui bahwa seni budaya mungkin belum mendapat perhatian yang cukup dari pemerintah, namun ia berkomitmen untuk mengubahnya jika terpilih sebagai Bupati Pringsewu periode 2024-2029. Adi Erlansyah berkeinginan untuk membangun pusat seni budaya di Pringsewu dan memastikan komunitas seni budaya terus berkembang.

“Kita harus mencari solusi bersama untuk mengatasi hambatan yang ada. Kegiatan-kegiatan sarasehan ini bisa membantu menemukan solusi tersebut,” tambahnya.

Ketua Pataji Kalacakra, Gunis, juga menyampaikan dukungannya kepada Adi Erlansyah. Ia berharap pemerintah daerah ke depan dapat memberikan tempat untuk benda-benda pusaka agar dapat dilestarikan.

“Dengan adanya museum untuk benda-benda pusaka, kita bisa memajukan ekonomi kerakyatan, menarik investor, dan meningkatkan perekonomian di Pringsewu,” kata Gunis.

Gunis juga mendoakan agar Adi Erlansyah terpilih menjadi Bupati Pringsewu periode 2024-2029. Ia yakin bahwa kepemimpinan Adi Erlansyah akan berdampak positif pada pelestarian seni budaya dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan sarasehan ini semakin meriah dengan alunan sholawat Nabi Muhammad SAW oleh komunitas seni budaya Pataji Kalacakra. Adi Erlansyah berharap bahwa program-program yang telah dimulai ini akan terus dikembangkan dan membawa manfaat bagi masyarakat Pringsewu.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *