Acara Peresmian Gedung Balai Persekutuan BKPN Di Nias Selatan Sukses

oleh -

Nias Selatan | Detikkasus.com

Acara peresmian Gedung Balai Persekutuan (GBP) BKPN Jemaat Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (13/10/2019), dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Hal ini ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bersama Ephorus Banua Keriso Protestan Nias (BKPN), Pdt. Aroziduhu Hulu,M.Min., bertempat di Simpang Jalan Baru Kelurahan Pasar Telukdalam.

Selanjutnya, Ephorus BKPN memukul gong sebanyak 3 (tiga) kali sebagai pertanda bahwa peresmian dilakukan didalam nama Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus, sesuai dengan naskah peresmian yang dibacakan dan ditandatangani oleh Ephorus. Acara peresmian diawali dengan pengguntingan pita oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, dilanjutkan dengan pembukaan pintu gedung oleh Ephorus BKPN, Pdt. Aroziduhu Hulu, yang disambut hadirin dengan tepuk tangan yang meriah.

Kedatangan tamu dan undangan disambut dengan atraksi marching band dari SMP Swasta Mitra Kasih BKPN yang disertai pengalungan bunga kepada Ephorus BKPN, Bupati Nias Selatan, Bupati Nias Barat, Wakil Ketua DPRD Nias Selatan, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Selatan. Meskipun perkiraan jumlah tamu dan undangan termasuk warga jemaat bisa mencapai 2000 orang, namun semua dapat terlayani dengan baik oleh karena Panitia saling bekerja sama termasuk para pelayan yang begitu ramah dan berjiwa melayani.

Dalam penyelenggaraan acara peresmian dirangkai ibadah dengan Pengkhotbah Pdt. Dr. Foluaha Bidaya,M.Th., dan Liturgos Pdt. Ade Prihatini Wau,S.Th., serta pembawa acara (Master of Ceremony) Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P., selaku Sekretaris Panitia Peresmian Gedung Balai Persekutuan BKPN Jemaat Telukdalam Tahun 2019.

Sebagai tanda ucapan terima kasih kepada Panitia Pembangunan, Panitia Peresmian memberikan cenderamata dan piagam penghargaan kepada Ketua Umum Panitia, SMK. Faduhusi Daely,S.Pd.,M.A (Ama Ester Daely); Ketua I, SMK. Fanelama Eronu Sarumaha (Ama Restu Sarumaha); Sekretaris Umum, SMK. Drs. Fabowosa Laia,M.Si (Ama Ros Laia); Sekretaris I, SMK. Philianus Telaumbanua,S.Pd (Ama Chan Telaumbanua); Bendahara Umum, Betaliu Manao (Ama Statis Manao); dan Kepala Tukang, Bahagia Bu’ulolo (Ama Wati Bu’ulolo); dan Tim Teknis, Bahasa Dachi (Ama Revi Dakhi/alm).

Cenderamata juga diberikan oleh Panitia Peresmian kepada Penggagas Pembangunan, Pdt. Dr. Foluaha Bidaya,M.Th., dan penerus pembangunan, Pdt. Ibahati Manao,Dip.Th., termasuk penyedia lahan melalui Ama Evan Halawa dan Ina Yurmina Zebua. Selain itu, Panitia Peresmian juga memberikan Piagam Penghargaan kepada Bank yang telah membantu dan mendukung proses pembangunan Gedung Balai Persekutuan BKPN, diantaranya: PT. Bank Sumut Cabang Telukdalam, Bank BRI Cabang Gunungsitoli, PT. BNI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Gunungsitoli, dan Bank BTN Sibolga.

“Pelaksanaan acara peresmian Gedung Balai Persekutuan BKPN ini merupakan bentuk ucapan syukur kepada Tuhan yang didasari dengan kesepakatan Majelis Pekerja Harian Jemaat BKPN Telukdalam bersama Panitia Pembangunan dan Kepala Tukang dimana pembangunan gedung ini telah berlangsung selama kurang lebih 10 (sepuluh) tahun sehingga sudah selayaknya diresmikan pada hari ini,” ujar Ketua Panitia, SMK. Manaro Harefa melalui laporannya.

Dalam sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Selatan yang diwakili Kepala Seksi Urusan Agama Kristen, Yaomamati Loi, mangapresiasi kepemimpinan para Pendeta dan kekompakan warga Jemaat BKPN Telukdalam sehingga mampu mendirikan sebuah gedung yang sangat megah dan strategis berada di tengah kota Telukdalam sebagai tempat persekutuan dan keperluan kegiatan Pemerintah, Swasta dan Keluarga.

“Gereja BKPN Jemaat Telukdalam kami nilai telah ambil bagian dan akan menjadi contoh yang baik terhadap organisasi gereja lainnya terutama dalam memberikan kontribusi demi kemajuan Kabupaten Nias Selatan. Oleh karenanya, sebagai bentuk dukungan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Selatan akan membantu BKPN Jemaat Telukdalam sebesar Rp 15.000.000 dan kiranya dapat dipergunakan untuk menyempurnakan beberapa fasilitas yang masih terbatas,” ucap Loi.

Wakil Ketua DPRD Nias Selatan, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,M.M., mengatakan rasa senang dan bangga dengan menyaksikan Gedung Balai Persekutuan yang didirikan oleh BKPN selain begitu megah juga motifnya mengandung nilai budaya Nias Selatan yang begitu menarik baik didalam maupun diluar gedung.

“Sehingga saya mengharapkan gedung ini dapat dikelola dan dipelihara dengan baik supaya bisa membantu dan mendukung peningkatan pelayanan di BKPN serta diharapkan akan menjadi saluran berkat bagi semua orang. Sebab gedung ini tidak hanya asset BKPN saja tetapi secara tidak langsung juga menjadi asset daerah karena berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” kata Fa’atulo Sarumaha melalui sambutannya mewakili Ketua DPRD Nias Selatan.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely,S.Pd.,M.A., dalam sambutannya mengatakan dengan dirancang pembangunan gedung seperti itu berarti BKPN telah memprediksi kebutuhan sejak sepuluh tahun yang lalu bahwa Gedung terbesar akan dibutuhkan oleh publik. “Ini sebuah anugerah Tuhan untuk BKPN, maka saya himbau kiranya semua warga BKPN bersyukur kepada Tuhan dan semakin bertumbuh dalam iman serta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Faduhusi Daely.

Sementara itu, sambutan Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengucapkan terima kasih kepada BKPN Jemaat Teluk Dalam yang telah membangun gedung itu dengan baik sehingga peresmiannya tepat tanggal 13 Oktober 2019. “Ini sebuah capaian BKPN untuk meningkatkan pelayanan dalam bersekutu kepada Tuhan dan juga gedung ini akan membantu semua pihak dalam setiap event,” ujar Bupati Hilarius Duha.

Salah satu contoh yang disebutkan Hilarius Duha bahwa tanggal 13 September 2019 yang lalu dalam rangkaian acara Sail Nias 2019 gedung itu telah digunakan menjadi tempat Gala Dinner setingkat Presiden meskipun yang hadir pada waktu itu adalah para Menteri dan Pimpinan Lembaga lainnya.

“Dengan demikian bahwa gedung ini akan berkontribusi bagi masyarakat dan pemerintah. Maka, diharapkan pengelolaan yang baik sehingga gedung ini benar-benar bermanfaat dan menjadi kebanggaan kita bersama,” pungkas Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, seraya mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian Gedung Balai Persekutuan BKPN Jemaat Telukdalam.

Melalui penggembalaan yang disampaikan Ephorus BKPN, Pdt. Aroziduhu Hulu,M.Min., mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung pembangunan Gedung Balai Persekutuan BKPN Jemaat Telukdalam. “Terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh warga BKPN Jemaat Telukdalam yang telah berkomitmen mendirikan gedung tersebut hingga selesai. Terlebih-lebih kami ucapkan terima kasih kepada Pdt. Dr. Faluaha Bidaya,M.Th., selaku penggagas, begitu pula dengan Pdt. Ibahati Manao,Dip.Th., yang meneruskan pembangunannya sampai selesai,” ucap Pdt. Aroziduhu Hulu.

Demikian juga Ephorus BKPN mengucapkan banyak terima kasih kepada Panitia Pembangunan dan Tukang yang sungguh-sungguh melaksanakan pelayanan melalui pembangunan gedung ini dengan hasil yang sangat maksimal. Tentu bila dengan kemampuan manusia tidak akan mampu membalaskan segala jerih paya Panitia, namun kita yakin dan percaya bahwa Tuhan yang dapat membalaskannya dalam keluarga.

Tamu dan undangan yang hadir antara lain Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely,S.Pd.,M.A., beserta ibu, Wakil Ketua DPRD Nias Selatan, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,M.M., mewakili Dandim 0213/Nias, Kapten Inf. O. Zebua selaku Danramil Lahusa dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Selatan, Yaomamati Loi, Anggota DRPD, Kepala OPD, Camat dan Kepala Instansi Vertikal, serta Pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh Kabupaten Nias Selatan, para Pendeta dan Guru Jemaat. (Supardi Bali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *